Mau Belajar Coding? Ini dia Pengertian, Manfaat dan 5 Rekomendasi Aplikasi Ngoding untuk Pemula!

coding

Hai BroTech! Siapa yang mau mulai belajar Coding? Eits, kalian sudah tahu belum pegertian dan berbagai manfaatnya hingga contoh dari coding?

Nah yuk cari tahu dulu tentang coding mulai dari pengertian, manfaat hingga 5 rekomendasi aplikasi ngoding untuk pemula biar belajarnya jadi lebih paham!

Pengertian Coding

Coding

Coding adalah salah satu tindakan dari langkah-langkah pemrograman dengan menuliskan kode atau skrip dalam bahasa pemrograman. Supaya skrip tersebut dapat dipahami oleh komputer, maka saat proses coding kamu harus mengikuti aturan sintaks yang berlaku. Aturan sintaks sangat tergantung dari bahasa pemrograman apa yang kamu gunakan saat menuliskan skrip.

Dengan kata lain coding merupakan kegiatan yang dimana kamu memberitahukan komputer apa yang harus dia kerjakan untuk kamu. Sebuah kode yang ada pada skrip bisa diibaratkan layaknya bahasa sehari-hari. Setiap kode yang kamu tulis akan membantu komputer untuk mengetahui dan memahami apa yang ingin kamu lakukan pada komputer. Komputer akan menerima perintah ini dan komputer akan melakukan operasi berdasarkan perintah yang kamu tuliskan.

Nah dalam mempelajari coding kamu juga harus menentukan bahasa pemrograman yang akan kamu gunakan!

Berikut ini beberapa bahasa pemrograman populer yang bisa kamu gunakan:

  1. PHP
  2. Python
  3. Javascript
  4. Java
  5. C++
  6. C#
  7. C
  8. Ruby
  9. Swift
  10. R
  11. Go

Dari banyaknya bahasa pemrograman yang ada, tentukan bahasa pemrograman sesuai dengan tujuan dan apa yang akan kamu buat. Terdapat berbagai macam bahasa pemrograman, setiap bahasa pemrograman memiliki tujuan dan karakteristiknya masing-masing. 

Misalnya kamu akan memulai coding untuk membuat aplikasi android, maka kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman Java ataupun Kotlin. Sedangkan jika kamu akan memulainya untuk membuat aplikasi web, maka kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman PHP, Javascript, maupun bahasa pemrograman lainnya. 

Manfaat Coding

Belajar Coding punya banyak manfaat untuk kita loh, berikut adalah manfaat-manfaatnya!

1. Punya Skill Sebagai Programmer

Perkembangan teknologi membuat banyak perusahaan makin membutuhkan programmer.

Aplikasi-aplikasi itu membutuhkan keahlian programmer untuk merancang tampilan dan fungsi aplikasi. Jadi, peluang karirnya pun makin menjanjikan. 

Faktanya, 13,5% perusahaan teknologi di seluruh dunia berniat merekrut 100 programmer di tahun 2021. Angka tersebut akan meningkat seiring dengan perkembangan teknologi di masa depan. Jadi beruntung banget bagi kalian yang punya skill ini!

2. Bisa Kerja Sambil Jalan-jalan alias Dimana Aja!

Semakin banyak perusahaan yang menawarkan opsi kerja remote para digital nomad.  Hanya bermodalkan komputer dan koneksi internet saja, Anda bisa bekerja  dari rumah, kafe, atau sambil travelling.

Buktinya, berdasar riset Digital Ocean, 86% programmer di perusahaan IT seluruh dunia sudah diizinkan untuk bekerja remote.

3. Punya Pekerjaan dengan Penghasilan Tinggi

Menurut survei Salary Explorer, penghasilan rata-rata para programmer di Indonesia bisa mencapai Rp9 Juta hingga Rp15 Juta per bulan lho. Jumlah itu sudah termasuk ongkos transport dan benefit lainnya. 

Tak hanya itu saja. Semakin lama masa kerja Anda, tentu skill dan pengalaman Anda makin bertambah, kan? Nah, pertambahan skill ini akan sebanding dengan kenaikan penghasilan Anda.

5 Rekomendasi Aplikasi Ngoding

Nah setelah kalian mempelajari pengertian hingga manfaatnya sekarang kalian bisa memulai langkah kalian untuk belajar coding dengan mempraktekkannya secara langsung! Berikut rekomendari aplikasi ngoding untuk kalian!

1. Sublime Text

Sublime Text merupakan aplikasi coding yang cukup kompatibel karena dapat digunakan pada Windows, Mac, maupun Linux. Sublime Text ini cukup mudah digunakan, karena memiliki kombinasi warna kode yang dapat memudahkan pemisahan kode-kode seperti warna dan ukuran.

2. Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan aplikasi besutan dari Microsoft. Salah satu keunggulan yang bisa kita dapatkan dari aplikasi ini adalah bisa dintegrasikan dengan GitHub dan juga adanya debugging sehingga proses mencari kesalahan atau bug pun menjadi semakin mudah dilakukan.

3. Notepad ++

Aplikasi Notepad++ sangat berbeda dengan aplikasi notepad biasa. Aplikasi Notepad++ sudah mendukung berbagai macam bahasa pemrograman seperti Assembly, C, Perl, PHP, Python, C++, Java, Javascript, C#, CSS, HTML, Pascal, Ruby, Shell, SQL, VB dan XML.

4. Atom

Atom merupakan aplikasi coding yang dikembangkan oleh GitHub. Beberapa fitur penting yang dimiliki Atom antara lain adalah fuzzy finder, TextMate Grammars, Integrasi dengan Node.js, teknologi berbasis web based dan file system browser. Atom mampu menghandle berbagai bahasa pemrograman seperti C, C++, C Sharp, CSS, PHP, bahkan Python.

5. Komodo Edit

Komodo Edit adalah aplikasi coding yang kompatibel dan dapat digunakan pada segala macam sistem operasi. Pada text editor ini kita bisa memilih tema untuk tampilan interfacenya. Aplikasi coding yang diluncurkan pada tahun 2007 ini juga mendukung bahasa pemrograman yang luas meliputi HTML, SQL, CSS, Python, PHP, hingga Ruby.

Baca Juga: Sistem Informasi : Ini dia Pengertian, Tujuan dan 5 Manfaatnya dalam Bisnis!

Nah itu dia pengertian, manfaat dan rekomendasi aplikasi ngoding nih BroTech! Gimana sejauh ini sudah paham dong?

Bagi BroTech yang tertarik dengan coding dan teknologi lain bisa dipelajari lagi ilmu nya lebih dalam ya dan ikuti sosial media instagram kami @solit.official untuk tau informasi menarik lainnya!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *