Mengenal Karir Developer: Ini Dia Definisi, Peluang Karir dan 5 Kualifikasi yang Di Perlukan!

developer

Hai BroTech! Kalian pernah mendengar karir menjadi Developer? Nah karir ini adalah salah satu profesi yang menjanjikan saat ini loh!. Sebab, beralihnya bisnis ke ranah digital semakin meningkatkan kebutuhan terhadap keahlian IT. 

Kalau BroTech disini tertarik dengan posisi karir ini, maka Anda harus tahu dong definisi, peluang karirnya serta kualifikasi yang harus dimiliki! Nah disini kita akan membahas lebih lanjut fakta-fakta mengenai karir sebagai Developer.

Definisi Developer

Developer adalah seseorang yang bertanggung jawab dalam keseluruhan proses pengembangan sebuah software, aplikasi, atau website. 

Bisa dikatakan bahwa IT developer adalah orang yang harus melakukan analisis kebutuhan pengguna, merancang, hingga melakukan pengujian setiap produk IT yang dikembangkannya.

Dalam proses pengembangan produk, seorang dengan posisi ini menulis kode dengan bahasa pemrograman yang sesuai keahlian mereka dan platform yang digunakan. Misalnya, JavaScript, CSS, PHP, dan masih banyak lagi.

Seorang developer harus melakukan seluruh pekerjaannya dengan prinsip-prinsip implementasi software website termasuk maintainability, skalabilitas, ketahanan, kinerja, keamanan dan desain.

Nah, karir ini sendiri adalah sebuah profesi yang umumnya dibagi menjadi 3 kategori. Berikut penjelasannya.

1. Front-end developer

Posisi ini adalah seseorang yang bertugas untuk menerjemahkan konsep produk ke dalam kode-kode dan bahasa pemrograman tertentu dan mengimplementasikannnya dalam software.

Seorang front-end developer setidaknya harus memahami 3 bahasa pemrograman yang utama. Ketiganya adalah HTML, CSS dan JavaScript.

Front-end developer harus memastikan bahwa produk yang akan dibuat tampak bagus, berfungsi dengan baik, dan berisi konten yang benar.

Karier di posisi ini tentu sangat menjanjikan di masa yang serba digital.

Dalam Laporan Tren dan Gaji Pekerja Digital Indonesia tahun 2021 dari Glints, gaji front-end developer adalah Rp9-17 juta.

2. Back-end developer

Meskipun tugas di posisi ini terdengar sulit, tanggung jawab para Back-end developer juga tidak kalah menantang, lho.

Pekerjaan mereka berhubungan dengan sejumlah hal yang berkaitan dengan server. Mereka harus membuat kode dan program yang mendukung sebuah software atau server situs. Ini termasuk membuat database dan aplikasi penyertanya.

Tugas lainnya dari seorang back-end developer adalah memastikan situs memiliki kecepatan mencukupi agar SEO (search engine optimization) dapat berfungsi optimal.

Untuk back-end developer di Indonesia, pada tahun 2021 dilaporkan memiliki rentang gaji antara Rp10-17 juta.

3. Full-stack developer

Posisi pekerjaa ini harus memahami dan mampu melakukan tugas front-end hingga back-end developer.

Artinya, mereka harus bisa melakukan dua sisi kegiatan development secara sekaligus.

Profesi ini umumnya banyak dicari perusahaan guna mengurangi anggaran dalam proses pembuatan produk.

Bagaimana dengan gaji dari seorang full-stack developer? 

Karena harus memiliki skill front-end dan back-end sekaligus, rentang gaji dari karir ini juga lebih tinggi yaitu berkisar Rp10,2-20 juta.

Peluang Karir

developer

Dengan meningkatkanya konsumsi internet di Indonesia, karir ini kini adalah salah satu profesi yang banyak dibutuhkan perusahaan.

Tak hanya itu, sekarang ini banyak perusahaan yang kini mulai beralih ke platform online. Artinya, banyak juga tenaga kerja dari karir ini yang dibutuhkan untuk mengembangkan situs.

Selain itu, pertumbuhan startup atau perusahaan rintisan yang semakin marak memerlukan tenaga kerja dari karir ini untuk membangun software atau aplikasi mereka sendiri.

Kualifikasi

developer

1. Memahami bahasa pemrograman

Melansir laman Seek, bahasa pemrograman merupakan kunci terpenting yang harus dimiliki.

Ada tiga bahasa pemrograman yang paling umum digunakan oleh seorang developer yakni HTML, CSS dan JavaScript.

HTML adalah bahasa pemrograman yang biasa digunakan untuk membuat situs dan aplikasi. Kamu akan menggunakannya untuk membuat struktur halaman.

Di sisi lain, CSS digunakan untuk mendeskripsikan presentasi visual dari halaman-halaman tersebut, termasuk warna, font, dan layout-nya.

JavaScript dimanfaatkan untuk membuat halaman-halaman tersebut tampil interaktif.

Meskipun masih ada banyak jenis bahasa pemograman yang lain, HTML, CSS dan JavaScript adalah yang paling berguna untuk posisi karir ini.

2. Libraries dan frameworks: Bootstrap dan jQuery

Setelah menguasai bahasa dasar, kamu bisa menggunakan library dan frameworks yang pada dasarnya dibuat untuk menyederhanakan dan mempercepat pekerjaanmu dengan HTML, CSS dan JavaScript.

Ada banyak contoh library dan frameworks yang digunakan oleh para web developer, tetapi, Bootsrap dan jQuery-lah yang paling populer.

Memahami keduanya akan memberikan keuntungan yang besar untuk kariermu.

3. Git dan Github

Git merupakan sistem kontrol versi yang memungkinkanmu melacak semua perubahan pada kode yang sudah dibuat. Sementara itu GitHub adalah layanan hosting untuk menyimpan repositori Git-mu.

Kedua software tersebut telah membantu banyak developer yang bekerja dalam tim untuk melakukan proyek kolaborasi.

4. Software design dan Photoshop (opsional)

Baik software desain maupun Photoshop sebenarnya merupakan dua perangkat yang digunakan oleh seorang desainer.

Namun tidak ada salahnya kalau kamu juga menguasai keduanya. Apalagi jika kamu berencana menjadi seorang freelancer.

Baca Juga: Prospek Karir UI/UX Designer Semakin Tinggi Peminat! Ini 5 Fakta Menariknya! 

Nah itu dia fakta menarik dari prospek karir menjadi Developer nih BroTech! Gimana kalian tertarik untuk berkarir dibidang itu?

Bagi BroTech yang tertarik dengan dengan dunia teknologi lainnya bisa dipelajari lagi ilmu nya lebih dalam ya dan ikuti sosial media instagram kami @solit.official untuk tau informasi menarik lainnya!

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *