Prospek Karir UI/UX Designer Semakin Tinggi Peminat! Ini 5 Fakta Menariknya!

Hai BroTech! Kalian sudah tidak asing lagi kan mendengar profesi sebagai UI/UX Design? Profesi yang saat ini tengah menjadi tren dan sangat banyak dibutuhkan bagi perusahaan di era teknologi dan informasi seperti saat ini loh?

Perkembangan teknologi Indonesia yang pesat terus meningkatkan minat masyarakat untuk berkarir di bidang teknologi. Karena perkembangan yang terus meningkat itu lah banyak perusahaan yang memanfaatkan peluang dengan meluncurkan berbagai platform online untuk situs bisnis mereka.

Nah untuk itu yuk kita bahas lebih dalam lagi mengenai prospek karir nya yuk!

1. UI/UX Designer

UI/UX Design
<a href="http://Image by <a href="https://www.freepik.com/free-vector/linear-flat-ui-ux-landing-page-template_16679104.htm#query=ui%20ux%20design&position=8&from_view=search&track=ais">FreepikUI/UX Design

UX designer adalah seseorang yang mendesain pengalaman klien atau pengguna mereka. Di mana berarti seseorang tersebut memiliki tugas untuk memastikan suatu aplikasi berjalan dengan logika yang jelas dan relevan dengan kebutuhan pengguna atau user. UX designer umumnya memiliki peran dalam proses interaksi dengan pengguna dan mencari tahu bagaimana pengalaman mereka dalam menggunakan aplikasi. Pengalaman pengguna secara sederhana dapat dilihat dari mudah atau rumitnya pengguna dalam menggunakan suatu aplikasi.

Seorang UI/UX designer merupakan sosok profesional yang mengidentifikasi peluang baru untuk menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik. Perannya dalam proses pemasaran maupun branding sebuah aplikasi amat besar, sebab mereka menentukan bagaimana pengguna menilai suatu aplikasi. Suatu aplikasi yang dibangun dengan sinergi antara UI/UX designer dapat lebih konsisten dalam berkembang, pun lebih mudah diterima pengguna.

2. Deskripsi Kerja UI/UX Designer

Secara umum, tugas utama yang dimiliki adalah memastikan bahwa perjalanan pengembangan produk dari hulu ke hilir telah memenuhi tujuan yang diinginkan. Lantas, tujuan tadi yang dikorelasikan dengan keinginan dan pengalaman pengguna.

Berikut ini adalah beberapa tanggung jawabnya :

  • Melakukan pengumpulan dan evaluasi kebutuhan pengguna lewat kolaborasi dengan product engineer
  • Membuat ilustrasi ide desain produk lewat alur proses maupun storyboard
  • Merancang elemen antarmuka pengguna seperti grafis menu, tab, dan widget
  • Mengembangkan mockup dan prototipe tampilan antarmuka untuk menggambarkan fungsi dan kinerja produk
  • Membuat grafis atau draf kasar untuk pemaparan kepada tim internal dan para stakeholders
  • Penyesuaian tata letak berdasarkan umpan balik pengguna

Intinya UI/UX designer ini memiliki tugas yaitu bagaimana membuat suatu tampilan aplikasi atau tampilan website agar terlihat eyecatching dan mudah digunakan bagi para pengguna. Mereka tidak hanya memikirkan tentang tata letak agat terlihat aesthetic saja, melainkan mereka juga memikirkan tentang apa yang para penggunakan rasakan ketika mengoperasikan suatu aplikasi atau website tertentu.

Jadi ketika kamu menemukan lowongan UI/UX designer, berarti perusahaan tersebut mencari seseorang yang memiliki dua kemampuan yaitu dalam hal UI dan juga UX. Selain itu, kamu pun tentu akan melakukan dua job description sebagai Ul dan UX designer.

3. Skills Seorang UI/UX Designer

Seorang UI/UX Designer harus memiliki kemampuan dalam hal mendesain dan tentunya kemampuan dalam menggunakan tools untuk mendesain seperti Sketch, Illustrator, Photoshop, Indesign dan sebagainya.

Selain itu, harus memiliki kemampuan dalam meneliti para pengguna, lho. Mereka harus tau apa yang dibutuhkan dan apa kebiasaan dari para penggunaan. Penelitian ini dapat dilakukan dengan pendekatan kualitatif dan juga kuantitatif.

Skills lainnya yang harus kamu miliki ialah seperti problem definition, user needs, user flow, task flow, wireframing, icon design, illustration design, prototyping, motion design, usability testing, Ul review dan sebagainya. Wah, banyak juga, ya.

4. Tantangan Menjadi UI/UX Designer

UI/UX designer merupakan pekerjaan yang dimana seseorang harus mampu dalam mendesain, tantangan terbesarnya ialah, kamu harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. Kamu harus mengetahui bagaimana, sih, suatu gambar, warna, bentuk, font dan sebagainya dapat menjadi seragam dan enak dipandang.

Selain membuat tampilan aplikasi atau tampilan website yang seragam dan enak dipandang, kamu juga harus bisa mengetahui bahwa tampilan yang telah kamu buat dapat mempermudah para pengguna yang jumlahnya mungkin bisa sampai ratusan bahkan ribuan.

5. Gaji UI/UX Designer

Sebagian dari kalian pasti udah tau kan kalau gaji Ui/UX Designer itu sangat fantastis loh! Namun gaji untuk setiap perusahaan berbeda-beda ya. Kalau kamu me-apply di perusahaan yang bonafide, gaji seorang UI/UX Designer berkisar sekitar enam juta hingga 14 juta rupiah per bulan.

Tapi, kalau kamu me-apply di perusahaan biasa, gaji seorang UI/UX berkisar sekitar 3.5 juta hingga tujuh juta.

Baca Juga: Topologi Jaringan: Pengertian, Manfaat dan 5 Jenisnya

Nah itu dia fakta menarik dari prospek karir menjadi UI/UX Designer nih BroTech! Gimana kalian tertarik untuk berkarir dibidang itu?

Bagi BroTech yang tertarik dengan dengan dunia teknologi lainnya bisa dipelajari lagi ilmu nya lebih dalam ya dan ikuti sosial media instagram kami @solit.official untuk tau informasi menarik lainnya!

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *